Langsung ke konten utama

Unggulan

Menumbuhkan Minat Baca Lewat Fathul Kutub

Menumbuhkan Minat Baca Lewat Fathul Kutub Fathul Kutub adalah salah satu program wajib yang diikuti oleh santri dan santriwati kelas 6 KMI Dayah Perbatasan Darul Amin. Kuta Cane Aceh Tenggara.  Fathul Kutub ialah kegiatan membuka kitab kuning guna membaca dan menelaah serta memperluas ilmu pengetahuan santri tentang kitab turats (kitab klasik karya ulama terdahulu). Kegiatan ini diawali dengan pembekalan oleh al-Ustadz Ahmad Paruqi Hasiholan, S.Pd., selaku direktur KMI Dayah Perbatasan Darul Amin. Selasa malam, 12 Maret 2024. Beliau menyampaikan pentingnya bahasa arab sebagai cikal bakal karena bahasa Arab adalah kunci dalam fathul kutub ini. Kemudian pada Rabu pagi, 13 Maret 2024 kegiatan Fathul Kutub dibuka oleh al-Ustadz Drs. H. Muchlisin Desky, MM., selaku Rais Aam Dayah Perbatasan Darul Amin. Beliau menyampaikan pentingnya sikap tawadhu' atau ilmu padi, semakin tua semakin berisi dan menunduk, dan juga tidak sombong, jadilah pribadi yang selalu merasa diri seperti botol kosong

Ayahku Nasihat Hidupku

Ayahku Nasihat Hidupku

Oleh: Daud Farma.


Abdul Aziz adalah nama ayahku. Dia anak laki ketiga dari kakekku bernama Ta'at (طاعات). Dia dipanggil 'pak-Yang' oleh sepupu-sepupuku. Dia delapan orang bersaudara. Enam laki-laki (Pakwe, Pak-ngah, pak-yang-ayahku, pak-lang, pak-lung, pak-pun, bik-we dan bik-apun). 


Dari delapan bersaudara, hanya ayahku yang pernah ikut lama mengaji di masa kecilnya. Oleh sebab itu, ketika ia menikah dengan ibuku Hadimah (حديمة) dia sudah menjadi guru mengaji di kampung, jadi tengku di Alur Langsat.


 Sejak aku masih ingusan, aku melihat banyak sekali abang-abang, kakak-kakak sepupu bahkan ada yang dari kampung sebelah datang setiap sorenya ke rumah kami dan mengaji. Mulai dari Iqra, Juz-'amma dan Al-Quran. Sejak aku umur 5 tahun, hendak masuk SD tahun depannya, aku pun diwajibkannya ikut mengaji dengannya pada tiap sore hingga habis isya. 


Dialah yang pertama kali mengajarkanku huruf hijaiyah dan huruf abjad. Dari mulutnya lah telingaku pertama kali mendengar ta'awudz dan basmalah. Dialah ayah dan guru pertamaku. Kepalaku sering dia goyang-goyang, telingaku dia jewer dan tanganku dia pukul dengan rotan ketika aku tidak pandai melafadz-kan sesuai dengan ia baca. Tetapi ia tetap sabar, sebab bukan aku murid pertamanya. Semua sepupuku, abang-abang dan kakakku yang jumlahnya hampir dua puluh orang saat itu telah pernah ia pukul pakai rotan di telapak tangan. Dan tidak sampai tiga bulan aku pun mulai pandai mengenal huruf hijaiyah dan abjad, meskipun belum lancar membacanya, masih mengeja. 


Mulai dari kelas satu hingga tamat SD mengaji dengannya, padahal bacaanku sudah Al-Quran dan telah khatam aku bacakan padanya yang tiap malamnya setor bacaan setengah halaman. Kebiasaan di kampung adalah bila ada yang khatam juz-amma dan naik ke Al-Quran maka akan digelar kenduri dan para wali murid diundang. Begitu pun bagi yang khatam Al-Quran. Karena aku anaknya, dia tidak mengadakan kenduri untukku, cukup sekadar khatam saja. Dialah ayah dan guru pertamaku. 


Ketika aku sudah kelas lima SD, aku pun disuruhnya mengajari yang masih Iqra' dan juz-'amma. Tiap pulang dari padang rumput menggembalakan lembu-lembu yang hampir dua puluh ekor itu, aku tetap diharuskannya ikut mengaji. Sejak aku kecil hingga kini belum pernah kulihat dia menunda-nunda waktu shalat apalagi meninggalkan shalat.


Sering aku melihatnya demam, kelelehan sehabis kerja di gunung dan sawah, tetapi dia selalu tegak mengambil air wudhu dan menunaikan shalat tepat waktu. Dia seorang ayah yang rajin bekerja dan ibadah. Dia juga seorang ayah yang mau bersedekah untuk anak yatim walaupun tidak banyak. 


Pernah dia menyuruhku memberikan seribu rupiah padaku untuk diberikan pada anak yatim yang juga sahabatku dalam kelas sewaktu SD, dia Suadi. Aku pun malu rasanya memberikan seribu rupiah pada shabatku itu, tetapi tetap aku sampaikan amanahnya. Dialah yang mengajarkanku sejak kecil untuk bersedekah, hingga kini aku pun menirunya. Tetapi shalat tepat waktunya itu, belum mampu aku ikuti. Terlalu banyak cobaan mengulur waktu.


Dua minggu sebelum lebaran idhul fitri, 2019, ayahku merasakan kesedihan yang mendalam, pak-ngah-ku meninggal. Pak-ngah-ku adalah abangnya satu-satunya yang masih hidup setelah abang pertamanya telah lama meninggal bahkan aku pun belum lahir ketika itu. Yaitu pak-we-ku. Mendengar kabar pak-gah meninggal, aku pun menelepon ayah. Kusampaikan dukacitaku dan tak lupa kudo'akan dari jauh (Mesir). Dan dua bulan kemudian atau dua minggu sebelum idhul adha, adiknya yang meninggal. Dia adalah pak-lang-ku.


 Keduanya meninggal akibat sakit. Aku pun kembali meneleponnya, bukan dengan maksud menyemangatinya, sebab kutahu dia adalah orang yang tabah, dia ikhlas dengan ajal yang telah ditetapkan Allah. 


Kemudian kira-kira lima bulan setelah itu, bik-apunku yang meninggal. Adik perempuan paling bungsu ayah. Sore ba’da ashar aku mendapat berita itu dari kampung yang disampaikan oleh abang ayangku, yaitu abangku nomor tiga. Aku terenyuh dan menangis sendu.


 Kedekatan bik-apun pada kami begitu akrab. Jarak rumah beliau ke rumah kami tidak lebih lima belas meter. Malamnya aku menelepon ke kampung dengan video call. Aku bicara pada ayah, kuucapkan belasungkawa. Ayah mengarahkan kamera belakang ke wajah bibik yang telah dibaringkah di ruang tamu rumah bibik. Duka cita yang tidak akan pernah dapat aku lupakan. Delapan dari anak kakekku, hanya ayah dan bik-apun yang menjaga shalat lima waktu. Sudah sering kulihat saudaranya yang lain ia nasihati bahkan kadang di depan kami:


"Kalian sudah tua. Anak sudah banyak dan sudah besar, shalatlah. Jangan menunggu lebih tua lagi, kita tidak tahu kapan ajal kita datang." katanya. Bahkan sangkingkan seringnya, mungkin abang dan adik-adiknya sudah bosan mendengarkan nasihatnya. 


Aku pun ketika aku menelepon ke kampung, ketika sudah selesai mengobrol dengan ibu kemudian aku mengobrol dengannya. Baru menanyakan kabarnya tiba-tiba adzan dikumandangkan di Darrasah-Kairo dari masjid dekat tempat tinggalku.

"Itu suara adzan, Daud?"


 "Ya, Ayah." 

"Ya sudah, shalat dulu saja. Nanti telepon lagi setelah shalat. Assalamualaikum." katanya, padahal belum sempat aku jelaskan bahwa di sini masih lama nunggu shalat. 15 sampai 20 menit setelah adzan dikumandangkan barulah iqamat. 


Aku mau tidak mau menjawab: waalaikumsalam, kemudian panggilan aku akhiri. Walaupun setelah menelepon itu aku tidak shalat di masjid, aku hanya shalat di rumah, aku tidak turun dari lantai tujuh yang tanpa lift.


Ayahku ingin sekali naik haji, atau paling tidak umrah. Karena mereka belum mampu, belum ada duit, ayah dan ibuku pun masuk suluk. Tiap setahun sekali ia rutin pergi ke Besilam di Medan untuk ikut ritual ibadah suluk. 


Ayahku adalah seorang petani. Kadang ia di sawah dan lebih seringnya ia di gunung menderus pohon karet yang jika dikerjakan sendirian tidak selesai dalam sehari, tidak sanggup lebih tepatnya. Dari hasilnya menderus karet itulah ia dapat datang tepat waktu ke pondokku Darul Amin pada tiap bulannya untuk membayarkan uang bulanan: makan, uang spp dan uang sabunku, adapun uang janjan? Tidak pernah dia bilang uang jajan untukku. 


Ternyata di dalam uang sabunku itulah sudah termasuk uang jajanku yang tidak lebih lima puluh ribu rupiah. Sehingga dari hasil karet itu aku tidak pernah telat bayar uang makan sampai dua bulan, telat sebulan pernah tetapi tidak lebih tiga kali selama enam tahun aku jadi santri. 


Ayahku selalu berusaha datang di awal bulan. 10 hari ia bekerja menderus pohon karet miliknya di gunung, cukup untuk uang bulananku di pesantren dan biaya hidup ayah, ibu dan adik-adikku di kampung selama lebih kurang sepuluh hari.


 Kami delapan orang bersaudara. Empat laki-laki dan empat perempuan. Tiga abangku laki-laki, satu kakak perempuan dan tiga adik-adikku perempuan. Aku laki-laki paling bungsu. Semua dari kami, delapan orang pernah ia antarkan masuk pesantren. 


Bangwe, bangah-ku dan kakwe-ku tidak sampai tamat sebab kala itu ayahku tidak mampu. Adapun bang-ayangku, dia cuma tiga tahun di Samalanga Bireun, kemudian tidak balik lagi sebab sudah terlalu enak di kampung. Dan syukur alhamdulillah aku enam tahun di Darul Amin, aku tamat, aku alumni 2013. Ditambah mengabdi setahun, jadinya aku tujuh tahun di Darul Amin. 


Adikku Diana dan Linda juga tidak lama di pesantren, kurang lebih dua tahun lalu berhenti sebab terlalu sulit jika harus setiap hari pulang-pergi antar dan jemput oleh ayah, sebab ayah juga sibuk bekerja. Dan adikku Rina, perempuan paling bungsu. Dia sekarang di pesantren Darul Huffadz, alhamdulillah dia sudah khatam, hafizah. Dia sudah membanggakan ayah-ibuku, karena dia sering ikut kompetisi dan selalu juara. Bukan soal juara, dia sudah hafal Al-Qur'an saja ayah dan ibuku sudah senang. Pun aku senang mendengar kabarnya. 


Ketika aku menelepon ke kampung, tak jarang juga aku test hafalannya.


"Coba sambungkan ayat berikut ini, Rina." kataku. Dan masyaAllah, dia pun melantunkannnya. Tetapi kadang dia pernah lupa dan di akhir telepon tak luput kubilang, "Banyak-banyak mengulang hafalan, Rina."


"Ya, Bang-apun." sahutnya.


 Rina masuk sejak kelas satu SMP hingga tiga aliyah. Kira-kira lima bulan sebelum ujian terakhirnya di pondok, ia minta pindah sebab dia sudah tidak betah walau sehari saja ia menetap. Alasannya banyak tentunya. Kalau sudah tidak betah susah memaksanya harus tinggal walau setengah hari. Kemudian dia pun diantar ibuku ke Aceh, ikut dengan adikku Linda yang sudah hampir setahun di sana.


Linda orangnya introvert, Rina ekstrovert, bertemu satu kamar. Belum sebulan ia di sana aku menelepon ke kampung, ibu menceritakan semuanya bahwa mereka berdua asyik ribut mulut.


Kata Rina padaku, kakaknya Linda terlalu banyak memberi aturan terhadapnya. Tidak boleh banyak jajan, rajin mengulang dan sebagainya. Ketika Linda mendapat telepon dari kampung bahwa Rina juga akan diantar ke pesantrennya, Linda langsung bilang tidak setuju!


“Kalau Rina juga kemari, berarti aku balik lagi saja ke kampung.” katanya, suaranya mulai sedikit serak, terdengar seperti ingin menangis. Dia tidak mau satu pesantren dengan Rina, entah dia gengsi atau gimana. Sedangkan Rina ingin sekali bersamanya. Rina sudah tidak ada pilihan pesantren lain.


“Nanti dia pasti tidak mau dengar cakapku!” sambunya.


“Adikmu kan belum lancar kitab kuning, sedangkan kau sudah mulai lancar. Nanti kau bisa mengajarinyarinya.” terang ibu.


“Nggak mau, Mak’e. Rina itu enggak sanggupnya diam. Pokoknya aku tidak mau. Aku pulang saja. Biar Rina aja di sini. Aku jualan aja di kampung.” Katanya tetap gigih atas prinsipnya. Tetapi akhirnya jadi juga Rina ke sana. Ibuku sama sekali tidak ngaruh dengan ucapan Linda. Dia sangat mengerti bagaimana menghadapi kedua putrinya itu. 


“Bawa lagi dia balik, Mak’e. Hiks-hiks.” Pintanya menangis sendu ketika ibu telah sampai di asramnya. Rina hanya diam, dia tidak merasa sakit hati atas ucapan kakaknya. 


Dia mengerti bagaimana sifat Linda yang mungkin saja ia tidak mau ada Rina sebab dia akan repot harus menasihati dan membimbing Rina agar jadi orang pendiam sepertinya. Shalihah pun Rina, lebih shalihah lagi Linda kalau dilihat dari kasat mata. Linda anak paling nurut, paling rajin, paling tekun, paling dengar cakap ayah-ibu, paling pendiam. Seharian betah di kamar, betah tidak keluar rumah selama berminggu dan bulan. 


Dia sering juara sejak smp hingga aliyah. Dia tidak bayar uang spp karena nilainya selalu bagus, sering ranking satu. Lingkaran langkahnya hanya di rumah, masak, menyapu, bersih-bersih, jualan, sekolah. 


Dia keluar rumah kalau diajak ibuku bekerja di sawah memupuk jagung atau diajak ibu ikut menemaninya belanja ke pasar. Dia paling malas keluar rumah sebab tidak biasa dengan keramaian. Segimana pun megahnya acara besar di kampung sebelah, artis papan atas yang datang, dia tidak akan keluar rumah.


 Sangat minta tolong sekali Linda agar Rina dibawa pulang. Dia menangis. Tetapi ibu tetap pulang tanpa membawa Rina. 


Begitu ibu sampai di pintu, hendak pulang,


“Mak’e usah risau kali sama kak Linda. Mak’e tenang aja, nanti juga kami baikan. Gampang cuma itu bujuk kak Linda. Mak’e hati-hati di jalan, ya, Mak’e. Besok kalau sudah sampai jangan lupa telepon ke nomor ustadzahku.” Begitu mantap Rina menyakinkan ibu. Dengan berat ibu melangkah pulang. Sampai di kampung, ibu menelepon ke pondok,


“Gimana, Rina, masih nangis kakmu, Linda?”


“Udah enggak lagi, Mak’e. Seperti yang kubilang ke, Mak’e, dalam waktu sekejab kami bisa baikan.” Ibu dan Rina tertawa bahagia. 


Kalau Rina bikin salah kecil seperti tidak mengulang, Linda selalu menasihatinya dengan bawa-bawa bahwa kita orang miskin, ayah kita susah bekerja di kampung, jangan gampang habiskan duit, irit beli lauk, jangan suka jajan. Hingga nasihatnya itu membuat Rina sedih, keduanya menangis sendu. Kata Rina ketika menelepon deganku, 


“Sampai-sampai nggak mau kak-yang makan, nggak mau dia ngomong sama aku selama tiga hari, Bang-apun,”


“Terus-tersus?” tanyaku penasaran, kadang aku ajak bercanda saja saat keduanya mengadu padaku. 


“Terus, aku bujuklah sampai aku pun ikut nangis, Bang-pun. Kalau kami udah nangis berdua, terus kami pelukan. Udah macam sineteron, Bang apun.” terangnya dengan tawa. Tentu aku senang mendengarnya. Aku pun tidak jarang menasihati Linda. Aku bilang padanya jangan bersikap seperti itu ke Rina; menginginkan Rina pulang.


“Sebenarnya bukan apa-apa, Bang apun. Aku kasihan sama mak’e dan pak’e harus membelanjai kami berdua di sini. Aku tahu bagaimana susahnya pak’e dan mak’e cari duit. Pontang-panting ke sana kemari. Di sawah, di gunung, cari daun rumbia, menanam jagung. Kalau Rina saja di sini terus aku pulang, kan sedikit meringankan, Bang apun. Tidak tega aku membayangkan bagaimana susahnya kedua orang tua kita bekerja, Bang apun. Mak’e selalu bilang mampu, tapi saat aku di kampung pun dulunya mak’e tidak jarang mengeluh sehabis pulang dari bekerja. Kadang mak’e menangis. Sehabis pulang kerja beliau harus masak lagi. Kalau aku di rumah kan bisa aku siapkan semua itu seperti biasanya yang kulakukan. Aku mau masuk pondok ini pun bukan semata-mata kemauanku saja, Bang apun, tapi juga kemauan pak’e dan mak’e yang merasa mampu membelanjaiku. Walaupun memang waktu itu beliau lagi ada duit. Tapi kan tidak selamanya duit itu ada. Sekarang datang pula Rina, tentu menambah beban pak’e dan mak’e.” terang Linda panjang lebar padaku. Sungguh dewasa adikku Linda! 


"Begini, Linda. Selagi orang tua kita mampu, selagi mereka sanggup membiayai kita, selagi nasihat semangat rajin belajar dari mereka tetap ada, selagi mereka belum menyerah, ya kita selaku anak harus pandai mensyukurinya dengan belajar yang rajin. Usah terlalu memikirkan ini-itu bahwa takut beliau tidak mampu dan sebagainya. Selagi beliau belum menyerah, mari kita jadikan jerih payah mereka sebagai motivasi kita untuk belajar yang rajin dan tekun. Dan jangan lupa senantiasa mendoakan orang tua kita agar sehat selalu dan mendapat rejeki yang halal dan berkah. Do’a anak jugalah salah satu pelengkap bagi orang tua tetap mendapat rejeki dan mampu membelanjai kita. Pokoknya kita harus tetap semangat belajar. Boleh khawatir ini-itu bahwa susah dan tidak mampu, tapi jangan jadikan keluhan, jadikankan sebagai motivasi. Imbangi dengan kesungguhan kita menuntut ilmu.” ujarku pdanya. Aku sampaikan ke ibu apa yang Linda khawatirkan.


“Begitulah Linda, hatinya terlalu lembut. Padahal udah sering mamak bilang usah khawatir. Dia begitu karena waktu dia di kampung dia sering kami ajak ikut membantu kami kerja memupuk dan memanen jagung. Nanti bilang ke Linda, usah khawatirkan kami.” terang ibu terharu. Ibu merasa bahagia mendengar anak putrinya itu telah dewasa, berpikiran begitu.


 Tiap kali menelepon ke kampung, tak jarang ibu menceritakan tentang kedua adikku Linda dan Rina. Kadang aku dan ibu tertawa dalam telepon atas tingkah mereka yang sampai sekarang Linda masih mengeluh ingin dipulangkan salah satu dari mereka. Linda selalu menjadikan Rina sebagai alasan agar ia atau Rina yang pulang.


“Linda itu belum banyak pengalamannya mondok, dia baru beberapa bulan di sana. Kalau Rina dikit lagi hampir enam tahun, tentu Rina lebih bisa beradaptasi. Coba lihat Rina, baru sebulan di sana sudah ada mamak angkatnya orang situ, sudah mulai bisa pula dia bahasa Aceh. Kalau Linda, ketika Mamak tidur di sana dua hari, dia diam aja di kamar. Masuk kelas, masjid, asrama, kamar mandi, itu aja. Nggak mau mengobrol bersama temannya ke kamar sebelah, izin keluar, tidak ada. Kalau dia mau sesuatu dia malah nitip, tapi jarang sekali mau sesuatu, tidak pernah jajan.” kata ibu sewaktu menelepon denganku.


Sebenarnya kalau di rumah kedua adikku itu begitu akrab. Rina malah tidak mau dengar nasihat Linda, maka hal itu pun ia jadikan alasan. Ternyata ketika di pondok bukan main nurutnya Rina pada Linda. Katanya dia sangat menghargai Linda sebagai kakak kandungnya sekaligus seniornya di pondok. Mungkin Rina merasa tidak enak pada teman-temannya ia terlihat tidak menurut dengan kakaknya. Tidak sampai delapan bulan Rina di pondok Linda, Rina pun pulang ikut ujian nasional dan masuk kuliah di Medan di Ma'had abu Ubaidah. Tidak lagi balik ke sana. Linda merasa nyaman sendirian, tidak lagi harus menjaga dan memberi aturan pada adiknya Rina. Meskipun kadang ia merindukan adik bungsu kami itu.


Ayahku sengaja memasukkan semua anaknya ke pesantren, paling tidak yang dekat dari rumah. 


"Kelak jika ditanya Allah Swt, padaku kenapa kalian tidak shalat, kenapa kalian tak baca al-Quran, kenapa kalian berbohong, aku tidak berat lagi menjawabnya sebab kalian selalu aku nasihati dan aku masukkan pesantren." Begitu terang ayahku pada kami saat kumpul keluarga sehabis makan malam di awal ramadhan. Karena empat dari anaknya telah berkeluarga, sehingga hanya waktu kumpul pada moment setahun sekali lah ia dapat menasihati yang telah menikah.


 Adapun kami yang belum menikah, jika aku liburan pesantren, sebisa mungkin dia berkata-kata yang di dalamnya penuh nasihat. Bahkan dari tingkahnya pun jadi motivasi dan nasihat bagiku. Kenapa tidak? 


Suatu hari ayah menyuruhku menanda-tangani surat wakaf. Ternyata dia mewakafkan tanahnya untuk dibangun masjid di Alur Langsat, sebab di Alur Langsat belum ada masjid. Jadi saat liburan pesantren aku shalat magrib di kampung sebelah. 


Pada mulanya ayah telah terbiasa shalat di rumah, sebab di dalam rumah kami tempat ia mengajar ngaji. Kalau kami telat, walaupun dia hanya berdiri sendiri di posisi imam, dia selalu mengeraskan bacaannya agar kami segera ikut berjamaah dengannya. Dan aku, selaku anak pesantren yang sedang berlibur, aku keluar rumah dan shalat magrib di kampung sebelah yang tidak jauh dari rumahku. 


Ayahku dengar suaraku mengumandangkan adzan. Lambat laun ayahku pun ikut denganku berjamaah di masjid kampung sebelah. Dan 'mungkin' gara-gara ia sering jamaah ke masjid kampung sebelah itulah ia termotivasi mewakafkan tanahnya yang di dekat rumah kami untuk dibangun masjid. Dan saat aku duduk di kelas enam KMI Darul Amin, ketika liburan, kulihat masjidnya sudah jadi walaupun semen biasa dan berdindingkan papan. Kemudian aku pun adzan serta berdiri sebagai imam di sana.


 Empat tahun kemudian aku di Mesir, adikku Diana mengirimkan gambar masjid yang sudah berdindingkan beton, sudah dicat, dan sudah bagus. Ayah menyuruhku memberi nama masjid itu, dan kuberi nama Masjid Arrahman. Namun belum diresmikan oleh ayah sebab kalau diresmikan jadi masjid, tentu di dalamnya mesti diadakan shalat Jumat sementara yang jadi khatib tetapnya belum ada. Jadilah masjid itu disebut sebagai mushallah biasa, dan memang bentuknya pun masih seperti mushallah. Mungkin isinya pun tak lebih seratus orang, sebab memang di Alur Langsat belum banyak yang datang ke masjid untuk shalat jamaah. 


"Nanti kalau kau sudah tamat, barulah aku tempah dan resmikan nama masjidnya." kata ayahku. Dia diangkat kepala desa jadi ta'mir masjid, dia yang selalu adzan dan jadi imam shalat lima waktu. 


Ketika bulan ramadhan, suaranya sering serak sebab dia yang jadi imam dan bilalnya. Yang lain tak bisa. Yang bisa pun seperti abang-ayangku yang pernah mondok di Samalanga, dia bisa jadi bilal shalat tarawih, tetapi dia pula tidak ikut shalat tarawih. Maka ayahku senang sekali ketika aku libur pesantren kelas enam KMI, sebab kami bisa gantian. Kadang aku yang imam dan kadang aku yang jadi bilal. 


Namun aku sempat sedih padanya karenaku, aku merasa terpukul dan malu. Pada waktu satu hari sebelum shalat 'idhul fitri. Aku disuruhnya jadi khatib esok pagi di idhul fitri, tetapi aku menolak. Aku mudah sekali bilang tidak bisa dan tidak siap, sebab memang aku belum pernah. Dia pun mencari khatib ke sana-kemari sejak habis magrib hingga jam sepuluh malam. Semua yang ditemuinya tidak bisa hadir karena sudah di-booking masjid lain. Ayahku pulang dengan wajah lelah tidak ada khatib.


 "Besok kita shalat di kampung sebelah." katanya pada ibuku. Aku dengar itu dari dalam kamarku. 


Sekarang aku menyesalinya. Kenapa aku tidak bisa dan tidak siap? Padahal aku pernah ceramah sekali di depan santri dan santriwati Darul Amin yang jumlahnya ratusan. Kenapa di kampungku sendiri aku tidak percaya diri? Bahkan jama’ah yang hadir tidak sampai seratus orang. Bukankah aku pernah jadi MC di acara Arena Gembira perdana Darul Amin di depan bupati Aceh Tenggara dan tamu undangan lainnya yang jumlahnya begitu banyak? 


Aku benar-benar percaya diri di panggung kala itu. Tetapi kenapa di kampungku tidak? Hum, itulah karena aku belum pernah jadi khatib idul fitri. Aku bisa tetapi aku tidak percaya diri. Hari itu aku merasa benar-benar melukai hatinya. Tetapi dia tidak pernah merasa aku sakiti, dia tidak marah. Dia seorang ayah yang pendiam, bicara ketika perlu saja. Bicaranya penuh motivasi dan nasihat bagi kami, sekali lagi, namannya Abdul Aziz.


Terkadang, di saat aku malas, di saat aku lemah, butuh motivator, butuh nasihat, aku selalu sempatkan menelepon ayah dan ibuku, sebab mereka adalah motivatorku, penasihat hidupku. Ayah, ibu, semoga kalian panjang umur, semoga kalian murah rezeki dan semoga kalian bisa naik haji, paling tidak umrah, aamiin. Aku sayang pada ayah dan ibu, juga pada kalian semua.



Gamaliyah-Kairo, 21 Oktober 2022.


Daud Farma



Komentar

Yang populer dari blog ini

Bulan Madu di Surga

"Bulan Madu di Surga"  -Perfect Wedding- Oleh: Muhammad Daud Farma. Namanya, Marwa, gadis manis bermata biru, beralis lebat berwarna hitam, berhidung mancung, berparas cantik jelita, pipinya padat berisi, kalau melihatnya sedang tersenyum  akan meninggalkan dua kesan: imut dan menggemaskan.  Berposter tubuh seperti pramugari, tinggi dan ahli merias diri. Pintar, pandai mengaji dan hafal kalam Ilahi. Teman-teman kampusnya menjulukinya dengan sebutan, "The Queen of Awamaalia University." Bahkan sebagian teman lelaki yang lidahnya sudah biasa merayu menamainya, "Bidadari kesiangan menantu idaman".  Dia sudah berumur delapan belas tahun. Kalau kamu pertama kali melihatnya, maka kamu akan mengucek mata tiga kali dan berkata, "Ternyata Hala Turk pandai juga memakai jilbab!" Mungkin sedikit berlebihan kalau kamu sampai berujar, "Waw! Kalah telak belasteran Jerman-Turkey!". Awal bulan Agustus lalu adalah kali pertama ia me

Inginku Mondok!

Inginku Mondok Daud Farma Aku orang  Kuta Cane, kabupaten Aceh Tenggara. Daerahku tidaklah sekecil jika aku berdiri di atas gunung yang tinggi lalu memandang ke bawah dan tampaklah hamparan rumah-rumah seakan bisa aku jengkali dengan jariku, tidak, tidak begitu! Bila saja aku mau mengelilinginya, seharian naik motor memang cukup tetapi tidak semua desanya bisa aku datangi satu-persatu. Jadi cukuplah kuakui bahwa daerahku memang luas sebenarnya walaupun dikelilingi gunung.  Aku tinggal di desa Alur langsat, kecamatan Tanoh Alas kabupaten Aceh Tenggara Kuta Cane-Aceh-Indonesia. Untuk sampai ke desaku, kamu mesti melewati jembatan tinggi yang melentang di atas sungai Alas, yang menghubungkan timur dan barat Gugung dan Ncuah menurut suku daerah yang kami pakai.  Sungai Alas adalah hadiah terindah yang Allah berikan pada daerah kami, daerah yang semboyannya: hidup di kandung adat, mati di kandung hukum, yang tak lebih tak kurang artinya bahwa Kuta Cane Aceh Tenggara adalah daerah yang kenta

Pulang Kampung (catatan panjang Anugerah Sastra VOI 2019)

Oleh: Daud Farma Bakda zuhur aku siap-siap. Aku mandi dan mengenakan pakaian. Atasan rambut sudah pangkas rapi, kemeja ungu lavendel masuk dalam celana, dan jas hitam. Bawahannya celana panjang hitam dan sepatu hitam. Setelah semuanya siap, aku periksa lagi barang-barang bawaanku dalam koper. Semuanya telah lengkap. Kemudian periksa dokumen penting. Tiket dan paspor yang juga telah masuk ke dalam tas. Temanku Dafi memesan Uber. Tidak berapa lama Uber datang. Karena tidak muat satu Uber kami pun pesan dua Uber. Dafi, aku dan dua orang dari adik-adik kami satu mobil. Adapun Ahmad berempat di Uber satunya lagi. Kurang lebih empat puluh menit kami tiba di Bandara Kedatangan Dua Internasional Kairo khusus penerbangan luar negeri. Aku bayarkan ongkos Uber 110 Pounds Mesir lalu kami turunkan koper. Kami pun foto-foto. Semuanya pada update status, juga disebar di group kami. Kebiasaan Mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) kalau ada yang balik kampung sudah pasti banya

NASAB NABI

نسب النبي صلى الله عليه وسلم و أسرته. لنسب النبي صلى الله عليه وسلم ثلاثة أجزاء: جزء اتفق على صحته أهل السير والأنساب، وهو إلى عدنان، وجزء اختلفوا فيه ما بين متوقف فيه، وقائل به، وهو مافوق عدنان إلى إبراهيم عليه السلام، وجزء لانشك أن فيه أمورا غير صحيحة، وهو مافوق إبراهيم إلى آدم عليهما السلام، وقد أسلفنا الإشارة إلى بعض هذا، هناك تفصيل تلك الأجزاء الثلاثة: الجزء الأول: محمدُ بنُ عبد الله بنِ عبد المطَّلب - واسمه شيبةُ - بن هاشم - واسمه عمرو - بن عبد مناف - واسمه المغيرة - بن قصيّ - واسمه زيد - بن كلاب بن مرَّةَ بن كعب بن لؤيّ بن غالب بن فِهْرٍ - وهو الملقب بقريش، وإليه تنتسب القبيلة -بن مالك بن النضر - واسمه قيس - بن كنانة بن خزيمة بن مدركة - واسمه عامر - بن إلياس بن مضر بن نزار بن مَعَدِّ بن عدنا. الجزء الثاني: ما فوق عدنان، و عدنانُ هو ابن أدّ بنِ هميسع بن سلامان بن عوص بن بوز بن قموال بن أبيّ بن عوام بن ناشد بن حزا بن بلداس بن يدلاف بن طابخ بن جاحم بن ناحش بن ماخي بن عيض بن عبقر بن عبيد بن الدعا بن حمدان بن سنبر بن يثربي بن يحزن بن يلحن بن أرعوى بن عيض بن ديشان بن عيصر بن أفناد بن

Syekhuna Sya'rawi

Syekh Muhammad Metwalli al-Sha'rawi Sejak pertama kali saya menuntut ilmu di negeri para ambiya', negeri para ulama, negeri Al-Azhar Al-Syarif, saya begitu sering mendengar nama Syekh Sya'rawi disebutkan orang-orang sekitar saya.  Baik teman-teman sesama pelajar ataupun orang Mesir di wilayah saya tinggal dan yang saya temui-berpas-pasan di jalan, di kendaraan umum, jumpa di masjid, warung-warung kecil, mall, di ibu kota, di pelosok desa, di tv, di radio, di dinding-dinding segala bangunan, di banyak tempat dan kesempatan.  Nama Syekh Sya'rawi terlihat oleh mata, terdengar oleh telinga dan terasa akrab di hati dan jiwa. Siapakah beliau sehingga begitu cintanya masyarakat Mesir kepada Syekh Sya'rawi? Nama lengkap Syekhuna: Muhammad Mutawalli al-Sya'rawi.  Lahir pada tanggal 15 April 1911, di desa Dakadus (دقادوس) , Mit Ghamr (ميت غم  ) , Ad-Daqahliyah ) (الدقهلية)  , Mesir provinsi Tanta (طنطا).  Beliau merupakan ulama mujadid pada abad ke 20. Pen

Putra Aceh Tenggara Pertama Ke Mesir

Dr. H. Bukhari Husni, MA Daud Farma P ada tahun 1978 Masehi buya berangkat ke Mesir dengan biaya orang tuanya. Buya adalah asli putra daerah Kuta Cane  Aceh Tenggara dan yang pertama kali belajar ke Mesir. Di masa beliau seluruh mahasiswa Aceh di Mesir hanya ada enam belas orang ketika itu. Dua di antaranya adalah; Prof. Dr. Tgk. Muslim Ibrahim, MA. Guru Besar UIN Ar-Ranniry dan Anggota MPU Aceh (Untuknya, al-Fatihah). Prof. Dr. H. Azman Ismail, MA. Ketua Senat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, dan Ketua Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman-Banda Aceh. Buya tinggal di Gamalia, tidak jauh dari masjid Sidna Husain. Buya sempat bertalaqqi kepada Syekh Sya'rawi yang ketika itu mengajar di masjid Sidna Husain.  Sewaktu menemani beliau berkeliling sekitar Kairo, buya banyak bercerita bagaimana keadaan Kairo 43 tahun silam. Misalnya ketika kami tiba di Darrasah, beliau hampir saja tidak mengenali titik-titik yang kami lewati. Telah berubah delapan puluh persen dari segi bangunannya

Laila Majnun: Tentang Integritas, Cinta dan Kesetiaan.

Laila Majnun: Tentang Integritas, Cinta dan Kesetiaan (Resensi Novel Laila Majnun yang ditulis oleh Nizami Ganjavi) Diresensi oleh: Daud Farma.   Judul: Laila Majnun Penulis: Nizami Penerjemah: Dede Aditya Kaswar Penerbit: OASE Mata Air Makna Tebal: 256 halaman Cetakan ke: XII, Juli 2010 “Duhai Kekasihku,andai aku tidak dapat mempersembahkan jiwaku kepadamu, maka lebih baik aku membuangnya dan kehilangan  ia untuk selamanya. Aku terbakar dalam api cinta. Aku tenggelam dalam air mata kesedihan. Bahkan matahari yang menyinari dunia dapat merasakan panasnya bara hasratku. Aku adalah ngengat yang terbang menembus malam untuk mengitari nyala api lilin. Oh, lilin jiwaku, jangan siksa aku ketika aku mengelilingimu! Kau telah memikatku, kau telah merampas takdirku, akalku, juga tubuhku. “Engkau adalah penyebab kepedihanku, namun, meskipun demikian, cinta yang kurasakan padamu merupakan pelipurku, satu-satunya obat penyembuhku. Sungguh aneh, sebuah obat yang sekaligu